Akhir 2017, Seluruh Perizinan Migas Via Online

April 26, 2017 @ 6:26 am
Jakarta, EnergiToday-- Selain menyederhanaan perizinan migas, Pemerintah secara bertahap juga berupaya membuat seluruh perizinan migas dilakukan secara online.

Hal tersebut seperti yang dikemukakan oleh Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Migas) Kementerian ESDM, IGN Wiratmaja Puja di Jakarta.

Wiratmaja menegaskan, ditargetkan pada akhir 2017, seluruh izin sudah online. Pada saat ini, baru sebagian perizinan yang sudah online, antara lain izin pengangkutan dan SKT.

“Kita akan usahakan padaakhir tahun 2017, izin-izin di migas sudah fully online sehingga untuk mengurus izin tidak perlu pihak ketiga dan sebagainya.Stakeholder, badan usaha bisa langsung online mengajukan izin dan akan dievaluasi kami di (Ditjen) Migas apakah layak mendapat izin atau tidak,” ujarnya.

Sebelumnya, Menteri ESDM menandatngani Peraturan Menteri ESDM No 29 Tahun 2017 tentang Perizinan Pada Kegiatan Usaha Migas. Oleh karena itu, dengan ditandatanganinya aturan ini, berarti izin terkait kegiatan migas di bawah Kementerian ESDM resmi tinggal 6 izin.

Menurut dirinya, dalam aturan yang baru ini, juga diatur tata waktu pengurusan izin sehingga waktu yang dibutuhkan untuk pengurusan izin bisa dipersingkat. Apabila ada badan usaha yang dokumennya tidak lengkap, maka akan langsung ditolak.

Namun sebaliknya, apabila dokumen administrasinya lengkap maka akan diproses lebih lanjut. “Prosedurnya lebih cepat.Begitu tidak lengkap, balik (dikembalikan ke badan usaha). Prosesnya dibuat simpel,” tukasnya. (un)

Beri komentar

Email anda tidak akan ditampilkan
*) Wajib diisi