Minyak Masih Dominasi Bauran Energi Indonesia

September 4, 2013 @ 10:47 am
crude oil
Jakarta, EnergiToday--BP Group Chief Executive, Bob Dudley mengatakan berdasarkan data yang dikumpulkan BP Statistic Review of World Energy 2013, minyak tetap menjadi energi yang dominan digunakan di Indonesia.

Tahun lalu, 45% bauran energi masih berasal dari minyak. Dia mengungkapkan, peningkatan permintaan batu bara dapat menekan emisi gas karbondioksida di Indonesia. Ini terlihat dari peningkatan emisi CO2 yang hanya 0,6 persen atau lebih rendah dari rata-rata satu dekade lalu.

"Ini hasil meningkatnya pangsa batu bara dan penurunan pangsa pasar pada pembangkit listrik didukung juga oleh peningkatan kecil dalam energi terbarukan dan tenaga air," katanya seperti yang dikutip dari Merdeka.

Saat ini, permintaan batu bara meningkat 1,5 juta ton setara minyak (MTOE), diikuti oleh minyak 0,5 MTOE. Sedangkan gas alam menurun hingga minus 1,3 MTOE. Indonesia masih menjadi salah satu produsen batubara terbesar di dunia, menempati urutan ketiga dengan volume produksi mencapai 6,2%. (Nimas/MER)

1 komentar

    JOHANNES NAINGGOLAN (6 Sep 2013 • 11:52)

    Saya salah satu karyawan paetambangan batubara yang bergerak di propinsi jambi,mau menanyakan,apakah pasaran batbara,ada kemngkinan akan naik. Thks.

Beri komentar

Email anda tidak akan ditampilkan
*) Wajib diisi

*