Pembahasan di DPR Alot, Harga BBM Naik Setelah 17 Juni?

May 28, 2013 @ 6:55 am
BBM
Jakarta, EnergiToday -- Rencana kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi pada awal bulan Juni mendatang sepertinya akan sulit terlaksana. Namun, paling cepat, harga premium dan solar akan naik setelah 17 Juni 2013, sesuai dengan jadwal pembahasan RAPBN-P 2013 yang akan dilakukan di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Menurut Wakil Menteri Keuangan, Mahendra Siregar, kenaikan harga BBM bersubsidi harus menunggu persetujuan dari DPR.

Mahendra mengungkapkan, meskipun kenaikan harga tersebut adalah wewenang pemerintah, tetapi dalam program ini ada rencana pemberian kompensasi kepada masyarakat miskin. Anggaran pemberian kompensasi itu berasal dari APBN-P 2013, sehingga harus menunggu pengesahan dari DPR.

Pemerintah berharap agar pembahasan APBN-P cepat selesai, sehingga kenaikan harga BBM bersubsidi segera bisa berlaku. Mengingat, semakin lama kenaikan itu tertunda, maka konsumsi BBM bersubsidi akan semakin besar, jelasnya.

Namun, tambahnya, rencana ini juga bisa saja batal. Karena pembahasan APBN-P selalu alot, khususnya menyangkut tambagan kuota BBM bersubsidi dan anggaran bantuan sosial untuk masyarakat miskin. (US/KTN)

Beri komentar

Email anda tidak akan ditampilkan
*) Wajib diisi

*