Kementerian Lingkungan Hidup Perbaiki Proper Melalui PRTR

May 2, 2013 @ 10:43 am
proper1
Jakarta, EnergiToday – Terkait pemenuhan hak atas informasi lingkungan, Kementerian Lingkungan Hidup – KLH berkomitmen mendorong keterbukaan informasi kepada publik. Salah satu wujud KLH adalah dengan memperbaiki metode Program Penilaian Peringkat Perusahaan, dengan menerapkan Pollutan Release and Transfer Register – PRTR.

Deputi VII KLH Henri Bastaman mengatakan, PRTR merupakan sebuah sistem yang mengumpulkan dan menyebarluaskan secara proaktif – via internet, informasi lingkungan dan komposisi zat berbahaya yang dilepas industri ke wahana lingkungan hidup. “KLH menyambut baik sistem PRTR dan mendukung diimplementasikan sistem ini di Indonesia,” katanya di Jakarta.

Dia menambahkan, selama ini KLH telah menerapkan program Proper lewat pemeringkatan perusahaan berdasarkan tingkat kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan di bidang lingkungan berdasarkan metode color – coding. Namun, beberapa kalangan mengatakan, metode ini belum cukup mengakomodir ketersediaan informasi lingkungan masyarakat.

Sementara, Peneliti Indonesian Center for Environmental Law – ICEL Dyah Paramitha mengatakan, Proper tak cukup karena yang diumumkan hanya hasil pemeringkatan ditunjukkan dengan warna. Untuk proses, kriteria, dan data pendukung penilaian tidak disediakan kepada publik. “Jadi partisipasi masyarakat tidak dapat dilakukan,” katanya. (mc)

Beri komentar

Email anda tidak akan ditampilkan
*) Wajib diisi

*