Keputusan Harga BBM Subsidi Setelah Penetapan APBN 2013

May 1, 2013 @ 6:13 pm
images (1)

Jakarta, EnergiToday -- Sejumlah pengusaha mendesak Presiden Susilo Bambang Yudhoyono segera memutuskan harga BBM. Keputusan Presiden menunda pengumuman kenaikan harga BBM dikhawatirkan akan menimbulkan ketidakpastian di dunia usaha.


Kenaikan harga BBM tidak akan berdampak besar terhadap industri makanan dan minuman. Sebab, komponen BBM tak banyak memakan porsi dalam biaya produksi.


"Saya kira kenaikan harga BBM tak akan sampai menaikkan harga jual makanan dan minuman kita," ujar Sekretaris Jenderal Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Indonesia (Gapmmi) Franky Sibarani, Selasa (30/4).


Saat berpidato dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional di Jakarta kemarin, SBY mengungkapkan harga BBM bersubsidi akan dinaikkan setelah penetapan APBN Perubahan 2013. Karena menyangkut alokasi dana kompensasi yang disediakan bersamaan dengan kenaikan harga BBM bersubsidi.


Menurut Wakil Menteri Keuangan, Mahendra Siregar, kenaikan BBM masih belum dipastikan menjadi Rp 6.500 per liter dikarenakan masih ada pembahasan dengan DPR untuk memastikan nilai kompensasi yang bisa diberikan pada masyarakat miskin. (KT, OZC)


Beri komentar

Email anda tidak akan ditampilkan
*) Wajib diisi

*