SBY Beri Sinyal BBM Bersubsidi Naik Tahun Ini

March 4, 2013 @ 11:15 am
bbm subsidi4

Jakarta, EnergiToday – Wacana kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi, akhirnya sampai ke muaranya. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) telah memberikan sinyal untuk menaikkan harga BBM bersubsidi tahun ini. Untuk itu, para Menteri diminta mempelajari perkembangan dan mempersiapkan berbagai hal agar kenaikan itu (BBM) sungguh menguntungkan rakyat.


“Saya tidak tahu kapan kenaikan harga BBM bersubsidi diputuskan. Para Menteri baru diberikan sinyal. Saya kira pasti tahun ini harga BBM dinaikkan,” katanya kepada Investor Daily, di Dubai, Minggu, 3/3.


Perilaku boros dan konsumsi BBM yang berlebihan, memicu lonjakan impor minyak yang mengakibatkan neraca perdagangan Indonesia mengalami defisit, yang pada akhirnya memperlemah kurs rupiah, serta mengganggu daya tahan fiskal, sehingga menghambat pembangunan infrastruktur di Tanah Air.


Harga BBM bersubsidi yang terlalu murah juga memicu penyelundupan dan penyalahgunaan oleh industri yang sebenarnya tidak berhak. Apalagi, selama ini subsidi BBM justru dinikmati oleh orang kaya yang memiliki mobil. (ID)


Beri komentar

Email anda tidak akan ditampilkan
*) Wajib diisi

*