Pembangkit Listrik Tenaga Biomassa Solusi atas Persoalan Energi Saat Ini

February 11, 2013 @ 7:00 am
listrik biomassa2

Jakarta, EnergiToday – Kebutuhan masyarakat akan energi, seperti listrik, bahan bakar untuk memasak makin meningkat seiring dengan pertambahan populasi penduduk serta berkembangnya industri. Sementara persediaan sumber energi yang berasal dari pembangkitan fosil, seperti cadangan minyak bumi akan habis dalam kurun waktu 20 tahun mendatang.


Guna memenuhi kebutuhan dasar masyarakat akan energi, perlu segera diupayakan melalui pemanfaatan sumber daya alam yang dapat disediakan secara berkelanjutan. Salah satunya adalah Biomassa yang berasal dari tumbuhan dan hewan pemakan tumbuhan, seperti gulma air eceng gondok, limbah ternak, serta sampah organik di perkotaan dan material lainnya yang berasal dari hewan dan tumbuhan.


Menurut Ketua Umum BPP Asosiasi Konsultan Non Konstruksi Indonesia (ASKKINDO) Sonson Garsoni yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Umum Kadin Jawa Barat, kini melalui teknik fermentasi oleh bakteri metanogen (aktivator GP7), biomassa dalam reaktor (digester) yang terangkai pada instalasi mini Pembangkit Listrik Tenaga Biomassa (PLTBM) akan menghasilkan biogas, Bio Elektrik dan pupuk, ujarnya. Seperti disampaikan pada Rapimnas BPP Askkindo, di Jakarta, Jumat, 8 Februari 2013.


Dia menambahkan, biomethan (biogas murni) yang ada di instalasi mini PLTBM sebanyak 6 meter kubik yang digunakan pada kompor gas, setara dengan 2,88 kg gas LPG. Jadi tidak perlu menggunakan gas, manfaatkan saja instalasi ini untuk memasak. Selain itu gas yang dihasilkan dari instalasi mini PLTBM berbeda dari gas yang dihasilkan dari tabung LPG, karena terlihat bening atau kebiru-biruan, papar inisiator pengembang instalasi mini PLTBM serta biogas, bioelektrik dan pupuk organik ini.


5 komentar

    Abdul Rachman Samosir (12 Feb 2013 • 15:12)

    PLTBM ini cocok ditempatkan di setiap kelurahan yg padat penduduknya. Tentu didanai oleh pemerintah melalui APBD dan ini bisa membuka lapangan kerja baru karena menghasilkan pupuk organik yg lebih baik dari pupuk kimia. Tentu harganya terjangkau juga.maunya...

    Anung Riyanta (12 Feb 2013 • 19:30)

    Untuk wilayah Sumatera Selatan potensi biomasa luar bisa banyak, khususnya dari limbah/ biomasa kelapa sawit (tandan buah kosong dll.). Luas sawit sudah lebih dari 800.000 ha, 45 % punya petani. Perlu segera disosialisasikan PLTBM kalau memang sudah kita kuasai teknologinya.

    Muri Handoyo (13 Feb 2013 • 12:07)

    saya sangat setuju sekali......

    sabit purwanto (13 Feb 2013 • 18:19)

    mhn bs di beri alamat dan kontak utk bs konsoltasi dan kerjasama

    Evie Yulianti (3 Mar 2013 • 07:09)

    Bapak sabit purwanto, Showroom KencanaOnline.Com Jl Raya Banjaran No 390 Pameungpeuk KM 13 Bandung Selatan - 40376, Jawa Barat, Telepon: +62-22-87800115 - 5946236 - 70790116

Beri komentar

Email anda tidak akan ditampilkan
*) Wajib diisi

*