Pemerintah Tunggu Uji Materiil atas UU No 4/2009 di MK

January 25, 2013 @ 6:51 am
Putusan MK1

Jakarta, EnergiToday – Terkait putusan Mahkamah Agung (MA) yang meminta pemerintah sebagai pihak termohon membatalkan pasal-pasal dalam Permen ESDM No. 7 Tahun 2012, Kementerian ESDM mengaku telah memiliki konsep yang lebih rinci untuk mengganti pasal-pasal tersebut. Namun saat ini belum mau berbuat banyak karena Undang-Undang (UU) No. 4 Tahun 2009 yang menjadi landasan hukum Permen itu masih dalam proses uji materiil di Mahkamah Konstitusi (MK).


Menurut Direktur Jenderal Mineral dan Batu Bara (Minerba) Kementerian ESDM, Thamrin Sihite sebenarnya Permen ESDM No. 7 Tahun 2012 telah direvisi dengan adanya Permen ESDM No. 11 Tahun 2012. Kalau ada konsep pun, kami mungkin akan lebih merinci bagaimana pelaksanaan dari pengolahan dan pemurnian itu.


Dia menambahkan, saat ini pemerintah sedang fokus dalam upaya peningkatan pengolahan dan pemurnian bijih mineral di dalam negeri. Hal itu dilakukan dengan memberikan berbagai insentif agar investor mau menanamkan modalnya untuk pengolahan dan pemurnian hasil tambang.


Beri komentar

Email anda tidak akan ditampilkan
*) Wajib diisi

*