Muara Enim Sumatera Selatan Hasilkan Listrik dari Panas Bumi

January 25, 2013 @ 2:51 pm
PLTP Lumut Balai
EnergiToday -- Saat ini baru lima persen sumber energi Indonesia berasal dari energi baru terbarukan panas bumi. Padahal  Indonesia memiliki potensi listrik dari panas bumi mencapai 30.000 megawatt. Untuk lebih mengoptimalkan penggunaan energi baru terbarukan,  pemerintah  menargetkan listrik yang bersumber dari panas bumi akan mencapai 6.000 megawatt pada 2016. Sehingga mulai  2014 listrik-listrik yang berasal dari panas bumi sudah menerangi Indonesia.

Salah satu daerah penyumbang energi panas bumi berasal dari bumi Sriwijaya.  Tahun lalu PLN dengan konsorsium yang beranggotakan PT Supreme Energy, GDF Suez, dan Marubeni Corporation  bekerja sama  membangun PLTP Rantau Dedap berkapasitas 2×110 MW di Muara Enim, Sumatera Selatan.

Proyek IPP Pembangkit Listrik Panas Bumi (PLTP) Rantau Dedap tersebut  merupakan proyek yang masuk dalam daftar proyek sesuai dengan Perpres Nomor 4/2010 tentang Penugasan Kepada PT PLN (Persero) untuk Melakukan Percepatan Pembangunan Pembangkit Tenaga Listrik yang Menggunakan Energi Terbarukan, Batubara, dan Gas.

Selain itu, di Sumatera Selatan ini terdapat pula PLTP Lumut Balai yang merupakan salah satu proyek kelistrikan yang termasuk dalam Program Percepatan 10.000 MW Tahap II. PLTP Lumut Balai berlokasi di Desa Panindayan, Kecamatan Semendo Kabupaten Muara Enim, Provinsi Sumatera Selatan, atau sekitar 108 km dari kota Baturaja.

Menurut Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Kabupaten Muara Enim, Bambang Widodo,  pihak Pertamina Geothermal Energy telah melakukan eksplorasi di kawasan Lumut Balai, Muara Enim dan berhasil menemukan potensi listrik panas bumi dengan kapasitas 60 MW.

Bambang Widodo mengatakan, Pertamina Geothermal melakukan eksplorasi pada blok satu, dari hasil pengeboran di lima titik, berhasil menemukan potensi tersebut dari rencana pembangunan PLTP kapasitas 2 x 55 MW. Widodo menambahkan  PLTP Lumut Balai akan mulai beroperasi pada tahun 2013 ini. (alf)

7 komentar

    Wamin Zohri (5 Feb 2013 • 17:30)

    Semoga dg adanya energi panas bumi ini ,membawa kesejahteraan bagi rakyat sumatera selatan , indonesia pada umumnya

    J.silandap (19 Dec 2013 • 13:40)

    jangan berpikir kalau akan menguntungkan rakyat. lihat saja PT.BA. Pertamina Prabumulih. yang ada debu masuk Periuk. ikan habis, satwa liar lari. hutan tandus. duitnya masuk ke Jakarta dan mengalir ke Amerika. lihat Kabupaten Anambas, 1 KK mendapat 10 juta per bulan dari Pertambangan minyak. ada Dana Bagi Hasil untuk rakyat.

    j hadi (16 Jan 2014 • 14:37)

    sy tidak akan banyak berkoment<diharapkan dengan adanya energi panas bumi semoga mengutamakan kesejahteraan rakyat terutama di wilayah kec.semendo,kemudian buka peluang kerja dengan transfaran,utamakan putra daerah,karna saya yakin putra daerah sudah bisa bersaing

    sugeharto (19 Jan 2014 • 11:33)

    setelah sekian lama akhirnya d daerah SDl .khususnya .penindaian.dan desa Babatan. dan sekitarny akan di aliri listrik. aku doain deh cepat selesai proyeky

    Ir.Jonlidarto a.karim (18 Mar 2014 • 13:25)

    saya tahu bahwa proyek rantau dedap meliputi 3 kab./kota,yaitu kab. Muara enim.Lahat dan pagaralam.(WKP yg dikeluarkan Kementrian ESDM,thn 2010), sebagai putra daerah asli Pasmah/besemah yang kebetulan pernah kuliah di jurusan T. MIGAS PANAS BUMI UPN VETERAN YOGYA. mengharapkan proyek ini bermanfaat bagi masyarakat di sekitar rantau dedap (nenek saya berasal dari dusun muara tige mulak/dekat dengan proyek panas bumi rantau dedap).masyarakat disekitar rantau dedap jangan hanya jadi penonton proyek tsb. tapi harus terlibat sesuai kemampuan SDM nya. Untuk meningkatkan SDM bidang Tehnology Panas bumi bagi generasi penerus Kab.M.enim ,Lahat dan kota Pagaralam , saya DKK alumni T.Geothermal UPN Yogya kan mendirikan wadah DIKLAT/Training Bidang Tehnology Panas Bumi di Kampung halaman saya, di kota Pagaralam - Lahat dan M.enim.Oleh karena itu handaknya Investor bisa bekerja sama dengan kami untuk meningkatkan SDM Bid. T.Panas Bumi bagi generasi penerus ,khususnya yang ada di sekitar proyek tsb.

    Juli kswy. (25 Mar 2014 • 00:14)

    Adanya proyek ini keluarga sy jd berantakan.seorang karyawan pt pertamina geotermal yg bernama jonson bertempat tinggal d desa penindayan telah merusak keharmonisan keluarga sy.sy tlg kepada bpk pimpinan pt.pertamina geotermal untuk menindak tegas.

    Tooty (12 May 2014 • 00:27)

    Alhgirt alright alright that's exactly what I needed!

Beri komentar

Email anda tidak akan ditampilkan
*) Wajib diisi

*


Berita Sejenis

Potensi Pertambangan dan Energi Kalimantan Timur

23 Jan @ 11:10 AM1 komentar

Pabrik Gula di Kediri Hasilkan Energi Alternatif

22 Jan @ 01:19 PM1 komentar

Seluas 10.177 hektar Lahan Batu Bara Siap Diolah

22 Jan @ 08:28 AM15 komentar

Tanaman Sorgum Dikembangkan

20 Jan @ 02:45 PM5 komentar

Hemat Energi ala Warga Banjarnegara

16 Jan @ 01:38 PM3 komentar

Sumur Migas Muba Jadi Rebutan

15 Jan @ 06:32 PM3 komentar

PLTH Buatan Slamet Banyak Dipesan

15 Jan @ 12:42 AM1 komentar