Riau Punya Potensi Energi Terbarukan dari Limbah Kelapa Sawit

December 22, 2012 @ 9:01 am
340
PEKANBARU – Riau memiliki potensi energi terbarukan berupa bio massa dari limbah kelapa sawit sangat besar. Menurut Kepala Dinas Perkebunan Riau, Zulher MS, potensi bio massa dari limbah kelapa sawit yang dimiliki Riau sangat besar lantaran provinsi itu merupakan penghasil kelapa sawit terbesar di Indonesia.

Pada 30 November hingga 7 Desember 2012, Dinas Perkebunan Riau mengikuti seminar internasional tentang pemanfaatan limbah kelapa sawit yang berlangsung di Washington DC, Amerika Serikat.

Di Indonesia dan di Riau sendiri, kata Zulher, Amerika Serikat dengan Kementerian ESDM RI menyediakan dana untuk pengembangan proyek pembangunan energi terbarukan ini.  Namun yang menjadi persoalan sekarang, adalah jaringan infrastrukturnya. Keberadaan pabrik kelapa sawit (PKS) di Riau, rata-rata cukup jauh dari pemukiman warga.

Dengan sumber bahan baku energi terbarukan itu, Riau mampu menghasilkan energi terbarukan melebihi energi listrik yang dihasilkan Riau sekarang. Karena itu, Riau sangat mendukung kebijakan Kementerian ESDM untuk pengembangan energi terbarukan.

1 komentar

    Defrizan Adventuri (8 Jan 2013 • 07:51)

    Saya sangat suka dengan budi daya kelapa sawit di provinsi Riau ini, karena bisnis ini sangat begitu menjanjikan sebagai pemenuhan kebutuhan mayarakat di Indonesia, dan saya yakin kedepannya industri kelapa sawit di Riau akan menjadikan pusat penghasil terbanyak kelapa sawit sebagai hasil bumi yang dimiliki oleh provinsi Riau ini. Oleh sebab itu untuk menjaga kelestarian perkebunan sawit di provinsi Riau, masyarakat, pengusaha, serta pemerintah berkewajiban untuk memelihara keberadaan perkebunan sawit ini sebaik mungkin, dimana pasokan pupuk, lahan, serta perairan kebun kelapa sawit ini mesti di olah sedemikian rupa sehingga dapat menghasilkan prodoksi kelapa sawit secara maksimal dan menyeluruh. Benador Palm Oil Pekanbaru-Riau

Beri komentar

Email anda tidak akan ditampilkan
*) Wajib diisi

*